Insomnia

11/07/2010 13:35

Insomnia adalah penyakit yang menyebabkan seseorang sulit tidur bahkan tidak bisa tidur, biasanya menimpa orang yang sering melakukan pekerjaan berat, berlatar kejiwaan atau sosial yang buruk.

Menurut temua para ahli setidaknya ada empat faktor penyebab insomnia yakni predisposisi  psikologis an biologis, penggunaan obat dan alkohol, lingkungan yang mengganggu, serta kebiasaan buruk.

Faktor psikologis dan biologis kadang dapat menyatu membentuk psikosomatis, yakni persoalan psikologis yang berdampak pada biologis ataupun sebaliknya ( psiko : kejiwaan ; soma : tubuh ) yang mengakibatkan munculnya insomnia.

Selain itu ada juga penyakit fisik yang menyebabkan insomnia misal : asma, rematik, maag, ginjal, thyroid.

Dampaknya akan langsung terasa biasanya berkurangnya daya tahan tubuh sehingga berpeluang terhadap munculnya penyakit lain, disamping itu berpengaruh terhadap stabilitas emosi sehingga mempengaruhi aktifitas sehari-hari, menurunnya motivasi hidup, konsentrasi, ketelitian, kreatifitas pada seseorang, bisa juga menyebabkan stes.

Solusi :

  1. Jangan mudah menggunakan obat tidur tanpa anjuran dokter, jika hal ini dilakukan justru insomnia tidak akan hilang.
  2. Hindari menggunakan barang-barang terlarang untuk dikonsumsi seperti narkotika dan minuman keras karena akan mengganggu fungsi organ tubuh dan syaraf.
  3. Lakukan makan dan minum secara teratur dan wajar.
  4. Hindari minum kopi sebelum tidur.
  5. Aturlah lingkungan kamar secara efektif dan efisien, termasuk lampu tidur yang memenuhi syarat.
  6. jika penderita insomnia sudah mengetahui penyebab insomnianya adalah aneka problematika hidup maka selesaikan masalah tersebut dengan tuntas dan berfikir rasional bahwa " sepanjang hayat dikandung badan " manusia mesti memiliki problema.
  7. Jika akan tidur maka lakukan niat yang kuat dan relaksasi fisik serileksnya.

 

MARI HINDARI INSOMNIA !!!!

Kireina dari berbagai sumber...

—————

Back