Pentas Khusus Duta Seni Wonosobo

30/10/2010 21:00

 

 

 

Pada tanggal 1 dan 2 Oktober kemarin rombongan kesenian dari Wonosobo mendapat kehormatan untuk pentas pada acara khusus di TMII ( Taman Mini Indonesia Indah ) Jakarta, pentas tersebut diadakan setiap tahun dan setiap kabupaten di Jawa Tengah mendapat giliran satu kali pentas, karena jumlah kabupaten di Jawa Tengah adalah 36 jadi untuk kabupaten Wonosobo dapat pentas di paket acara khusus kembali adalah 36 tahun lagi.

 

Dalam acara ini dihadiri oleh 26 Duta Besar dari Negara sahabat sebagai tamu kehormatan, serta para turis lokal maupun mancanegara, kesempatan yang langka ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh rombongan untuk memamerkan semua potensi kesenian dan budaya yang menggambarkan keramahan Kabupaten Wonosobo ke kancah Internasional.

 

Sebelum pentas tersebut dilaksanakan, rombongan telah mengadakan latihan rutin setiap seminggu sekali selama dua bulan,dan masa karantina selama dua hari satu malam, setiap latihan berlangsung dipantau oleh Bupati Wonosobo, Kepala Dinas Pariwisata Wonosobo, dan pejabat daerah lainnya.

 

Rombongan seni ini tidak hanya dari kalangan seniman lokal tetapi juga pelajar dan pegawai Negeri yang mempunyai hoby dan pekerjaan menari, rombongan ini membawakan beberapa tarian yaitu sendra tari berjudul “Cermin Telaga Warna” sendra tari ini diambil dari legenda sebuah telaga yang ada di kabupaten Wonosobo, tari Lengger Rangu-rangu dan Sindung Lengger yang mampu memikat para penonton awam dan pengamat seni.

 

Pentas tersebut ternyata juga sukses memikat para tamu kehormatan (Duta besar) sehingga menarik mereka untuk membawa wartawan dari negaranya dan langsung menayangkan acara tersebut di negara asalnya secara live, salah satunya adalah Duta besar Somalia, tidak hanya itu Duta besar Rusia juga tertarik untuk berkunjung langsung ke Kabupaten Wonosobo.

 

Para tamu kehormatan juga disuguhi dengan lukisan-lukisan indah karya seniman Wonosobo, peragaan busana oleh model Wonosobo yang dengan anggun memakai batik asli Wonosobo,sebelum meninggalkan acara para Duta besar juga dipersilahkan untuk bertukar cinderamata dengan Bupati Wonosobo sebagai tanda kenang-kenangan.

 

Seusai pentas Duta seni Wonosobo diberi rambu-rambu untuk terus berkarya dan terus mengadakan pertemuan agar hasil yang telah dicapai ini akan terus ditingkatkan dan bisa membawa nama baik Wonosobo di kancah Internasional kembali.

 

 

 

 

Kireina…

—————

Back