Tips Melewati Masa Remajamu dengan Baik

12/03/2010 12:48

Keberhasilan memang menjadi tanggungjawab setiap individu itu sendiri, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu jadikan bekal untuk melewati masa remaja dengan baik.

  • Berbagi rasa dengan orang tua atau orang yang dituakan di rumah, bagaimanapun orang tua pasti memiliki pengalaman yang lebih banyak dan baik jika dibandingkan denganmu, maka jadikanlah pengalaman itu sebagai pedoman dan lakukan dengan caramu sendiri, jadikan keluarga sebagai tempat berdiskusi, jangan sungkan-sungkan mereka juga bagian dari hidupmu.
  • Carilah seorang sahabat, mencari sahabat memang sulit, carilah sahabat yang memiliki pandangan positif sehingga tak kan menjerumuskanmu ke dalam hal menyesatkan. Persahabatan akan muncul jika temanmu memiliki pandangan yang sama.
  • Tingkatkan PD-mu, hal ini merupakan kunci sukses dalam bergaul, banyak orang terjebak, terjerumus dan terombang-ambing dalam kehidupan berkelompok, orang yang tidak PD tak kan berani mengatakan "TIDAK" untuk hal negative.
  • Bentuklah dan bergaulah dengan kelompok yang baik, kelompok peer group akan membantu kamu untuk berorganisasi, belajar hidup bertenggang rasa dan menghormati orang lain, jadi kamu harus pintar memilih kelompok mana yang benar-benar positive.
  • Jauhi kelompok yang negative,orang sebaya denganmu biasanya merasa kesulitan menghindari kelompok ini karena tidak PD, mudah terpengaruh, dan tidak punya tempat pelampiasan emosi. Kamu harus tegas dalam menolak ajakan memasuki kelompok tersebut meskipun temanmu sendiri yang mengajaknya.
  • Jagalah kesehatan fisikmu secara teratur,nilai kesehatan sangat besar bagi kehidupan kamu ( Health is not everything but without health everything is nothing ), jika kamu sehat kamu lebih bisa melakukan hal yang menyenangkan dan positive sehingga bisa berfikir lebih jernih lagi.
  • Senantiasa beribadah dan berdoa,yakinlah doa dan permintaanmu akan didengar dan dikabulkan oleh Allah, perbanyaklah mendekatkan diri dengan sang pencipta alam semesta sehingga kamu akan dituntun untuk melalui jalan yang benar dan lurus.
  • Belajarlah menjadi dewasa, bagaimana sich cara orang menjadi dewasa?

        ^ Rasional : orang yang dewasa mencintai orang lain dengan lebih rasional bukan emosional, penuh pertimbangan.

        ^ Bertanggungjawab : punya kesadaran tinggi untuk bertanggungkawab dan memenuhi kebutuhannya dan orang lain.

        ^ Mandiri : Berani menghadapi sendiri permasalahannya, jika punya salah berani minta maaf,mengambil putusan dengan                             matang.

        ^ Bersikap Asertif : Menyatakan pendapat sesuai kebenaran, mau menerima pendapat orang lain, tidak agresif dan pasif.

        ^ Memiliki Filter : Dapat membedakan mana yang baik dan buruk, menggunakan akal yang diserasikan dengan iman.

        ^ Ikut Bermasyarakat : Menyesuaikan diri dengan lingkungan, bersemangat demi kebaikan.

Kireina/ detak-detak merah jambu ( Alif Firdausy )

 

—————

Back